Inilah Cara Jual Rumah Biar Cepat Laku dan Dapat Untung

Ketika telah memiliki rumah pribadi, ada kalanya Anda ingin suasana ruangan yang berbeda. Bahkan ketika desain ruangan sudah diperbaharui, rasa bosan tetap saja menghantui. Beruntung apabila Anda memiliki finansial yang baik, solusi membeli rumah baru tidak akan memberatkan. Namun, bagaimana dengan rumah lama Anda? Pasti tidak akan digunakan lagi. Nah, daripada menganggur tak bermanfaat, lebih baik jual rumah lama Anda sebagai tambahan dana pembelian rumah baru.

Ketahuilah, tidak banyak orang tertarik terhadap pembelian rumah bekas. Apalagi dengan arsitektur biasa saja tanpa sedikit sentuhan. Nah, biar rumah lama Anda cepat laku, lakukan cara berikut ini!

Pasang Harga yang Tepat

Menjual rumah memang hal yang mudah. Namun, apabila tekniknya salah maka rumah Anda tidak akan laku-laku. Lalu, bagaimana solusinya? Pertama, pasanglah harga rumah Anda dengan tepat. Ya, apabila harga yang Anda pasang terlalu mahal, dijamin tidak akan ada yang bakalan melirik untuk membeli rumah Anda. Sebaliknya, apabila harga rumah yang Anda pasang terlalu murah, pasti akan rugi sendiri. Ingat, Anda juga membutuhkan dana untuk membeli rumah baru. Jadi, jangan asal mematok harga jual rumah. Biar tidak salah patok, lakukan survei kecil-kecilan terhadap harga pasarannya. Kira-kira, dengan luas tanah dan bangunan yang serupa di daerah tersebut, biasanya mematok harga berapa. Kemudian, pasanglah harga sesuai rata-rata.

Percantik Tampilan Rumah

Cara selanjutnya untuk jual rumah biar cepat laku dan untung besar adalah percantik tampilan rumah Anda. Siapa sih yang akan tertarik dengan tampilan rumah yang lusuh dan monoton? Cara ini juga sekaligus untuk keperluan open house rumah Anda. Tak perlu mengubahnya secara totalitas karena hal itu juga membutuhkan dana yang besar. Cukup lakukan perubahan pada penataan perabotan rumah serta mewarnai ulang dinding rumah. Tak hanya bagian interiornya saja, tapi juga bagian luar. Sehingga, akan lebih banyak orang yang tertarik untuk membeli rumah Anda. teknik ini juga bisa dijadikan nilai plus ketika Anda berniat menjualnya dengan harga sedikit lebih tinggi dari rata-rata.

Manfaat Media Online dan Offline

Teknik yang harus dilakukan ketika Anda berniat jual rumah adalah marketing atau promosi. Mulailah memasarkan properti Anda baik secara online atau offline. Cara ini bertujuan untuk menginformasikan pada tetangga, saudara, kerabat, maupun teman bahwa rumah Anda dijual. Siapa tahu, ada yang berminat atau menawar harga. Teknik promosi offline dapat dilakukan dengan cara memasang papan iklan dibagian depan rumah yang akan dijual. Dengan demikian, orang yang melihatnya akan menghubungi Anda apabila tertarik.

 

Tak hanya melalui teknik pasang papan iklan. Anda juga bisa memanfaatkan media majalan, selebaran, atau koran. Gunakan pula jasa agen properti apabila segera ingin rumah Anda terjual. Ketahuilah ada dua jenis agen properti jual rumah yaitu open list dan closed list. Agen open list selalu bekerja sama dengan agen properti lain sehingga lebih mudah terjual. Sebaliknya, agen closed list hanya bekerjasam pada satu agen properti saja.

Selain teknik promosi secara offline, Anda juga bisa menjual rumah Anda secara online. Media online ini cenderung lebih populer dan ampuh diketahui masyarakat luas ketimbang media offline. Ada beragam cara yang bisa dilakukan seperti mengguakan sosial media, portal properti, dan lainnya.

Perkirakan Waktu Listing Iklan

Ketahuilah bahwa listing iklan yang terlalu lama di media online ataupun offline akan menunjukkan bahwa minat pembeli terhada rumah Anda rendah. Sehingga, orang yang baru saja melihat iklan Anda dan merasa tertarik akan ragu untuk menghubungi Anda. Mereka akan bertanya-tanya alasan rumah Anda tak kunjung sold out. Nah, untuk menghindari hal ini, pastikan jangan jual rumah Anda dengan harga yang tinggi. Sesuaikan harga dengan kondisi rumah Anda dan harga pasar. Dengan demikian, rumah Anda akan segera terjual dan lanjutkan misi mencari rumah hunian yang baru.

Tonjolkan Kelebihan dari Rumah Anda termasuk Lingkungan Tempat Tinggal

Inilah poin penting yang harus diketahui oleh calon pembeli rumah Anda. Tentu tidak ada alasan yang lebih baik ketika membeli rumah kecuali lingkungan perumahan yang nyaman. Mulai dari suasana masyarakat di daerah tersebut, kondisi lalu lintas jalan, dan akses ke tempat-tempat strategis lainnya. Tunjukkan kelebihan ini melalui foto-foto yang menarik. Tampilkan sudut terbaik dari rumah Anda beserta lingkungan sekitar. Jelaskan dengan detail dan jangan lupa untuk menambahkan foto peta lokasi rumah Anda. Ingat, berikan alasan yang tepat alasan jual rumah untuk mencari suasana baru bukan karena adanya kekurangan pada rumah lama Anda.

Teknik Mendapatkan Foto Rumah Terbaik

Foto adalah hal utama yang akan dicari calon pembeli ketika melihat iklan Anda secara online maupun offline. Jadi, untuk menarik minat pembeli, usahakan menggunakan foto terbaik rumah Anda. Ada beberapa teknik untuk mendapatkan kualitas foto terbaik dan mampu menonjolkan rumah Anda. Pertama, gunakan kamera beresolusi tinggi. Kedua, pastikan kondisi ruangan yang akan dipotret dalam kondisi bersih. Ketiga, carilah focal point atau titik paling menonjol di ruangan dan fokuskan pada bagian tersebut. Keempat, gunakan cahaya yang cukup. Terakhir, edit hasil foto. Ingat, memang tujuan cara jual rumah  ini memang untuk mendapatkan kualitas foto terbaik. Namun, jangan sampai hasil edit foto menunjukkan perbedaan dari kondisi rumah lama Anda yang sebenarnya.

Nah, itulah cara cepat jual rumah biar cepat laku dan untung besar. Selamat mencoba!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *