Cara Lelang Rumah dengan Mudah

Memiliki rumah merupakan impian bagi tiap pasanga muda, apalagi jika sudah memiliki momongan. Namun, kendala yang sering dialami oleh kebanyakan keluarga adalah harga rumah yang tinggi dan sulit digapai oleh kondisi keuangannya. Nah, kini Anda tak perlu risau lagi apabila ingin mendapatkan rumah murah karena tiap bulan bank selalu menawarkan ratusan pelelangan rumah dengan harga yang sangat miring. Wah, sangat menggiurkan bukan? Kapan lagi bisa menempati rumah dengan harga pas-pasan. Tapi, sebelum melangkah lebih lanjut lagi, pelajari dulu untung ruginya membeli rumah lelang berikut ini.

Ya, membeli rumah murah memang tawaran yang sangat menggiurkan. Terlebih ada lebih dari satu bank milik pemerintah yang selalu rajin menawarkan lelang rumah seperti bank BTN, BNI, dan Mandiri. Info tersebut dapat Anda lihat melalui pengumuman yang dirilis oleh pihak bank terkait. Sekali lelang, ada banyak ratusan rumah yang dapat Anda pilih. Tak hanya rumah, Anda pun dapat melelang beragam properti lainnya seperti apartemen, ruko, tanah darat, gudang, dan tanah sawah.

Memang ada banyak pihak bank yang menyedikan pelelangan rumah, maka jadikan kesempatan tersebut untuk ajang perbandingan harga. Caranya mudah. Cukup buka situs-situs bank tersebut.

Untung Rugi Lelang Rumah

Ketahuilah, harga lelang rumah ini memang benar-benar lebih murah ketimbang harga properti yang dibeli nonlelang. Tak jarang event ini diminati banyak orang. Perbedaan harga bisa mencapai 10%. Berikut ini akan diulas beberapa keuntungan dan kerugian pembelian rumah secara lelang.

Keuntungan Lelang Rumah

Harga yang Relatif Murah

Tentu bukan rahasia lagi jika lelang rumah selalu mengunggulkan harga yang murah. Bahkan bisa dibilang harganya lebih murah daripada rumah baru atau rumah bekas. Ketahuilah, tujuan bank memberikan harga murah untuk mendapatkan kembali kredit yang telah dikucurkan pada nasabah. Tentunya adanya lelang akan memperbaiki kondisi keuangan pihak bank tersendiri.

Ada di Area yang Sudah Jadi

Keuntungan kedua yang bakal Anda dapatkan ketika mengikuti pelelangan rumah adalah lokasi rumah yang berada di kawasan berkembang. Ya, tentunya kondisi ini memberikan keuntungan tersendiri bagi Anda. mulai dari fasilitas publik yang siap digunakan, akses jalan yang mudah ke sekolah, bank, hingga rumah sakit. Berbeda sekali dengan kondisi rumah baru yang belum tentu dekat akses lokasi dan fasilitas lainnya.

Memiliki Fasilitas yang Dapat Dipakai

Keuntungan ketiga yang dapat Anda dapatkan saat mengikuti pelelangan rumah adalah adanya fasilitas rumah yang dapat Anda gunakan. Mulai dari garasi, gerbang rumah, saluran air, dan beberapa fasilitas lainnya. Namun, apabila ternyata sudah tidak bisa digunakan, Anda dapat memanfaatkan situasi untuk mendapatkan harga yang lebih murah.

Kerugian Rumah Lelang

Disamping keuntungan, tentunya ada pula kerugian yang bakalan Anda dapatkan ketika mengikuti pelelangan rumah.

Kondisi Bangunan yang Tidak Terawat

Salah satu kerugian yang Anda dapatkan yaitu kondisi rumah yang tidak terawat. Maka dari itu, pastikan untuk cek bangunan sebelum benar-benar deal membeli rumah lelang. Perkirakan bagaimana kerusakan yang terjadi untuk mengantisipasi dana perbaikannya. Jangan sampai alokasi dananya hampir sama ketika Anda membeli rumah baru ya!

Penghuni Masih Ada di Ditempat

Kerugian selanjutnya apabila membeli rumah lelang adalah penghuni yang masih ada ditempat. Hal ini bisa dikarenakan pihak bank yang belum menyelesaikan proses surat menyurat maupun dokumen lainnya. Maka, pastikan Anda menanyakan lebih lanjut terkait hal ini pada pihak bank penyedia lelang.

Kondisi Lingkungan yang Belum Pasti Baik

Alasan harga rumah murah memang hal yang menggiurkan. Namun, pastikan untuk tidak tergesa-gesa untuk deal penawaran lelang rumah tersebut. Bisa jadi alasan rumah tersebut dilelang berada di kawasan banjir, kurang aman, atau keadaan yang tidak menguntungkan lainnya.

Setelah mempertimbagkan keuntungan dan kerugian pembelian rumah lelang di atas, perhatikan cara melakukan pelelangan rumah berikut ini.

Pastikan Surat-surat

Hal utama yang harus Anda cek ketika membeli rumah lelang adalah surat-suratnya. Diantaranya seperti IMB, sertifikat rumah dan tanah, sampai PBB. Pastikan rumah tersebut memiliki sertifikat yang sesuai dengan pemilik beserta alamatnya. Pastikan pula PBB sudah lunas dibayar. Apabila belum, jangan sungkan untuk meminta pengurangan harga demi mengurus surat-surat tersebut.

Cek Lokasi Rumah Langsung

Saat lelang rumah, bank selalu menyediakan alamat yang lengkap dan informasi yang detail. Apabila Anda tertarik dengan salah satu rumah yang dilelang, usahakan untuk cek ke lokasi secara langsung demi mengetahui kondisi yang sesungguhnya. Dengan demikian, Anda dapat memperkirakan berapa harga yang layak untuk rumah tersebut. Mulai dari sambungan listrik, air, sampai telepon harus dicek.

Tanyakan Kondisi Rumah

Pasti ada alasan mengapa rumah tersebut dijual. Maka, usahakan untuk menanyakan riwayat lelang rumah terhadap pihak bank. Jika perlu, tanyakan hal itu pada pemilik rumahnya atau tetangga sekitar. Pastikan informasi yang Anda dapatkan lengkap sehingga keputusan akan membeli atau tidak dapat tepat.

Pahami Dokumen Perjanjian

Apabila sudah deal untuk membeli rumah lelang, pastikan Anda paham segala dokumen yang terkait. Pelajarilah perjanjian kredit, akta pemberian hak tanggungan dan kesepatakan hitam di atas putih lainnya. Dengan demikian, lelang rumah dapat terjamin keamannya.

Paham Tahapan Pelelangan Rumah

Inilah hal penting lain yang patut Anda pelajari dengan seksama. Jangan sampai Anda lewatkan satu langkah pun. Pastikan pula Anda siapkan dana tunai karena lelang rumah selalu menuntut pembayaran rumah secara tunai.

Nah itulah cara membeli rumah secara lelang beserta keuntungan dan kerugian yang akan Anda dapatkan. Pastikan untuk mempelajarinya dengan cermat ya!

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *