Mengenal Desain Rumah Kontemporer Yang Keren Dan Atraktif

Ada banyak gaya dan desain rumah keren yang bisa anda terapkan dalam hunian anda, seperti salah satunya gaya rumah kontemporer. Banyak orang yang menganggap jika desain ini sama seperti rumah modern. Mengingat ada beberapa kemiripan yang dimilikinya, seperti gaya minimalis, kesan yang open, serta garis strukturnya yang tegas. Namun gaya hunian ini berbeda dengan rumah modern. Desain ini lebih mengacu pada desain kekinian. Bentuknya dapat mengambil dari gaya arsitek-arsitek lainnya, seperti gaya modern serta cenderung agak futuristik. Bahkan seringkali pula lebih memfukuskan kepada unsur sustainability, ramah lingkungan, hemat energi, serta menggunakan material repurposed.

Mengenal Konsep Desain Kontemporer

Konsep hunian modern seperti ini sendiri rasanya lebih cocok sebagai sebuah trend dibandingkan sebuah konsep desain rumah. kemunculan konsep desain ini muncul dikarenakan kehadiran hunian minimalis yang sering memasukkan unsur-unsur alami ke dlamnya. Aspek alami yang seringkali digunakan adalah kayu atau batuan. Sedangkan untuk konsep hunian dengan unsur kayu memiliki kaitan yang erat dengan desain tradisional. Hal ini yang memunculkan desain rumah kontemporer, yaitu menggabungkan rumah modern, minimalis, dengan sedikit konsep tradisional. Sehingga menciptakan trend terbaru yang menarik dan nyaman ditempati.

Ciri Utama Dalam Rumah Kontemporer

Sebenarnya gaya arsitektur ini sendiri merupakan perkembangan dari berbagai gabungan desain dan menghadirkan visual baru. Gaya arsitektur ini menjadi bentuk modernisasi baru terlepas dari aturan-aturan desain konvensional serta tidak terikat pada batas desain tertentu. Sangat mudah mengenali dan menerapkan gaya desain ini ke dalam rumah anda. yang terpenting adalah anda mengetahui ciri-cirinya di bawah ini.

Pencahayaan Maksimal

Salah satu fokus penting dalam rumah kontemporer minimalis adalah pencahayaan maksimal. Dalam desain kontenporer, penggunaan jendela yang dekoratif dan kecil telah lama ditinggalkan. Jendela yang berukuran besar menjadi sesuatu yang penting dan lazim ditemukan dalam model rumah trend ini. Sama seperti pada rumah modern, hal ini untuk membantu pencahayaan ke dalam ruangan lebih maksimal. Sehingga penggunaan lampu di siang hari akan lebih dibatasi dan tentu saja sirkulasi udara dan cahaya jadi lebih baik.

Penggunaan Material Yang Natural

Jika berbicara tentang penggunaan material, arsitektur rumah ini lebih sering menggunakan material-material natural seperti besi, kayu, beton menjadi pilihannya. Apalagi jika tidak diberikan finishing, inilah yang menjadi ciri-ciri utamanya yang perlu anda perhatikan saat pembangunannya. Material organic seperti halnya batu-batu alam, panel-panel kayu daur ulang, serta berbagai jenis tekstil juga bisa jadi pilihan alternative.

Pilihan Warna-Warna Netral dan Metalik

Sama halnya seperti rumah minimalis modern, desain rumah ini juga lebih menggunakan warna-warna netral. Seperti halnya hitam, putih, dan grayscale yang menjadi ciri khas dari desainnya. Penggunaan warna ini pun juga terkadang dikombinasikan dengan warna kontras seperti kuning, biru, merah, serta warna lainnya. Sehingga menghadirkan kesan yang dinamis juga lebih artistic.

Rancangan Dan Desain Lebih Ringan

Dalam menggunakan desain kontemporer, penggunaan furniture berukuran besar sudah lama ditinggalkan. Gaya ini lebih memfokuskan memiliki desain yang ringan dan minimalis. Desain hunian modern ini dapat dikatakan jika lebih menghargai karakter asli material tersebut. Hal ini bisa dilihat dengan penggunaan tekstur asli material yang mentah sebagai desain dalam rumah . Bahkan tanpa dilengkapi dengan finishing tambahan.

Keterbukaan Tanpa Sekat Dan Batasan

Ciri lainnya dalam arsitektur ini adalah konsepnya yang terbuka dimana penataan ruangan minim kehadiran batasan atau sekat ruangan. Beberapa fungsi ruangan digabungkan menjadi ruangan yang luas akan sering anda temukan dalam desain rumah kontemporer modern.

Kehadiran Elemen Garis Sederhana Namun Dekoratif

Untuk bagian eksterior, elemen garis sangat sering diaplikasikan untuk melengkapinya. Kolaborasi elemen-elemen garis dijadikan dekorasi akan lebih banyak ditemukan dibandingkan dengan ornament-ornamen klasik.

Pengaplikasikan Teknologi Terbaru

Seperti yang dijelaskan sebelumnya, penggunaan desain kontemporer lebih memfokuskan kepada perkembangan di masa modern. Seperti menggunakan teknologi-teknologi terbaru yang menjadi bagian dalam desain tersebut. penataan pipa, kabel hingga pencahayaan modern serta pengaplikasian teknologi menjadi karakter umumnya.

Inspirasi Rumah Kontemporer

Tertarik mengaplikasikan rumah bergaya kontemporer ini? mungkin inspirasi-inspirasi di bawah ini bisa anda coba.

Desain Kontemporer Bernuansa Kayu

Warna-warna earthy serta bernuansa kayu memang lebih mengarah ke warna modern, bukan gaya kontemporer. Namun jika anda melihat desain rumah yang satu ini, mungkin anda kan berubah pendapat. Anda dapat mengatakan jika desain rumah ini termasuk ke dalam jenis desain kontemporer. Yang mana dilengkapi dengan fitur-fitur fasad yang menggunakan teralis kayu minimalis unik serta pola pemasangannya yang berbeda.

Desain Kontemporer Bergaya Skandinavia

Setidaknya ada 4 faktor yang dapat membuat desain rumah Skandinavia menjadi begitu disukai belakangan ini. karena fungsionalitasnya, simplisitas, durabilitas, serta reabilitasnya. Gaya Skandinavia ini memang cukup mengadaptasi, seperti model rumah yang ada di bawah ini. model rumah menggunakan fasad geometric yang manis namun tetap terlihat simple. Memadukan antara beton ringan dan zincalume. Gaya dari rumah 2 lantai ini bisa menjadi inspirasi jika anda menginginkan rumah dengan tampilan berbeda.

Rumah Kayu Kontemporer Yang Kalem Dan Sejuk

Berada di kawasan tropis, tentu akan sangat menyenangkan jika memiliki rumah yang bernuansa kalem dan sejuk. Seperti model rumah di bawah ini yang dapat anda coba. Anda dapat mengaplikasikan desain rumah kontemporer di bawah ini dengan menggunakan unsur-unsur kayu. Hunian kayu ini terasa begitu ringan dan segar dengan konsepnya yang terbuka serta menyatu dengan alam yang ada di sekitarnya. Dipenuhi dengan kehiijauan, yang bahkan terdapat di living space yang berbentuk inner garden kecil dilengkapi dengan partisi kaca yang semakin menambah kesegaran.

Rumah Mungil Kontemporer Minimalis

Siapa bilang jika rumah mungil tidak bisa didesain dengan gaya kontemporer. Anda dapat menerapkan desain di bawah ini untuk menguatkan kesan yang lapang dan minimalis. Desainnya sangatlah simple namun cukup efektif dengan lahan yang terbatas. Permainan garis yang terdapat pada fasad serta memadukan material pada bagian cladding-nya yang membuat tampak modern dan segar.

Rumah Kontemporer Untuk Ekspresi Personalitas Pemiliknya

Jika anda menginginkan rumah kontemporer minimalis yang memiliki unsur logam dan kaca, serta warna grey. Maka rancangan rumah yang satu ini bisa anda coba. Rumah yang satu ini serasa menyatu dan akrab dengan lingkungan. Desainnya memadukan garis minimalis yang fluid dan tegas. Menegaskan pada kelancaran aliran udara serta paparan cahaya yang alami. Selain itu, desainnya juga ikonik dan mewakili dari selera pemiliknya.

Bagaimana? Menarik bukan desain rumah yang satu ini? bagi anda yang menginginkan hal yang tidak biasa dan unik, maka gaya hunian ini akan sangat amat direkomendasikan. Anda bisa meminta bantuan dari arsitektur atau ahlinya untuk mewujudkan rumah bergaya kontemporer seperti yang anda inginkan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *