10 Tipe Rumah Minimalis, Mana Favorit Anda?

Tipe rumah minimalis kini cukup digandrungi. Penggunaan material yang tidak terlalu berlebihan, desainnya yang simple namun tetap elegan, serta masih banyak keungulan lainnya yang menjadi daya tarik rumah minimalis. Apalagi bagi anda yang tinggal di perkotaan, desain rumah minimalis seperti ini memang sangat cocok untuk diterapkan. Karena mampu memanfaatkan lahan terbatas menjadi sebuah hunian yang nyaman ditempati.

Mengenal Konsep Rumah Minimalis

Pada dasarnya, konsep rumah minimalis peduli dengan keutuhan lingkungan dengan menggunakan materia yang tidak berlebihan. Material yang biasanya digunakan berasal dari alami dan lokal, ini artinya dari lingkungan sekitar tempat bangunan tersebut dibangun. Sebenarnya konsep hunian minimalis sudah banyak diaplikasi sejak dulu di Indonesia. Jika jaman dahulu banyak orang yang membangun rumah-rumah tradisional menggunakan kayu. Dimana kayu tersebut merupakan material yang mudah didapatkan di sekitar lingkungan. Dan inilah yang disebut sebagai konsep minimalis.

Pada awalnya rumah minimalis adalah bentuk rumah sederhana dibangun dengan material seadanya. Tidak membutuhkan biaya besar namun menghasilkan bangunan indah dan layak untuk ditempati. Dan dalam perkembangannya, kini hunian minimalis juga didukung dengan konsep modern dimana rumah memiliki desain unik, rapi, bersih, sangat presisi, tidak banyak ornamen, dan pemilihan warna yang cenderung netral.

Tipe Desain Minimalis Dari Ukuran

Berdasarkan ukuran, ada beberapa tipe rumah sederhana dan minimalis yang bisa anda pilih yaitu:

Rumah Minimalis 21

Untuk rumah minimalis tipe 21 ini memiliki dimensi 3 m x 7 m. Atau yang banyak orang sebut ini sebagai apartemen model studio. Karena terbatasnya lahan hunian, tipe ini memang mempunyai keterbatasan saat menyusun lay out. Karena itulah dibutuhkan perencanaan matang ketika menentukan ukuran dari setiap ruangan. Biasanya untuk tipe rumah 21 ini terdiri dari 1 kamar tidur, 1 kamar mandi, dan 1 ruang tamu tanpa adanya dapur. Karena termasuk rumah yang memiliki ukuran kecil, sehingga konsep minimalis ini memang sangat cocok diterapkan.

Rumah Minimalis 36

http://villages-lorraine.com/wp-content/uploads/2020/02/Untitled-26.jpg

Untuk tipe rumah minimalis yang satu ini berdiri di lahan yang tidak begitu luas. Meskipun terkesan mungil, namun beberapa model rumah ini terkadang menyisakan sedikit lahan yang bisa dikreasikan oleh pemiliknya. Bisa digunakan sebagai halaman ataupun carport untuk kendaraan. Biasanya tipe 36 ini menawarkan hunian yang memiliki tampilan modern, sederhana, dan elegan. Di Indonesia sendiri, model rumah seperti ini paling umum dibangun di kawasan perumahan.

Desain Minimalis Tipe 45

Dibandingkan model rumah sebelumnya, rumah dengan tipe 45 ini memiliki dimensi yang lebih besar. Kelebihannya tentu saja menawarkan ketersediaan lahan yang pas, tidak terlalu besar ataupun tidak terlalu kecil. Biasanya rumah dengan tipe ini terdiri atas 2 kamar tidur, 1 kamar mandi, 1 ruang tamu, ruang keluarga, dan dapur. Rumah dengan tingkat 2 biasanya termasuk dalam desain yang sering diterapkan dalam rumah tipe 45 ini. Selain membuat rumah mendapatkan banyak tambahan ruangan, rumah bertingkat juga memberi kesan tampilan yang mewah.

Desain Minimalis Tipe 54-60

http://villages-lorraine.com/wp-content/uploads/2020/02/Untitled-25.jpg

Jika berbicara tentang ukuran, maka rumah minimalis ini yang tergolong cukup luas. Sehingga pemilik rumah bisa lebih banyak memainkan desain di dalam tampilan fasadnya. Tipe rumah ini biasanya terdiri atas 3 kamar tidur dan terkadang dilengkapi 1 kamar kecil yang digunakan untuk ART, Untuk desain tertentu, tak jarang dilengkapi dengan garasi rumah untuk tempat memarkirkan mobil supaya lebih aman. Tidak seperti tipe rumah sebelumnya yang hanya terdapat carport untuk area parkir mobil.

Desain Minimalis Hook

http://villages-lorraine.com/wp-content/uploads/2020/02/Untitled-27.jpg

Perbedaan yang paling mendasari dari tipe hunian hook dibandingkan dengan model rumah sebelumnya adalah posisi rumah yang berlokasi di sudut ruas jalan. Sehingga rumah ini mempunyai 2 sisi fasad, di bagian depan dan di bagian samping. Banyak orang yang mencari rumah minimalis menyukai tipe-tipe seperti ini. Selain lebih mudah saat mengeksplor desain rumah. Tampilan rumah juga jauh lebih menarik dibuatnya. Namun jika anda menginginkan model rumah seperti ini pilih yang berukuran setidaknya 45m2 sehingga eksplorasi desain hunian minimalis bisa lebih maksimal.

Tipe Rumah Minimalis Berdasarkan Fungsional

Rumah Minimalis 1 Lantai

Desain Rumah Minimalis

Rumah dengan 1 lantai juga bisa anda desain minimalis modern. Bahkan lebih mudah saat ingin menerapkannya. Dengan luas lahan yang cukup besar,s etidaknya anda bisa memiliki 2 kamar. Namun tidak masalah juga jika anda hanya memiliki 1 kamar saja. Jika lahan terbatas, anda bisa menggabungkan beberapa area menjadi satu seperti ruang makan dan dapur atau ruang depan di dekat pintu masuk bisa langsung dijadikan sebagai ruang tamu. Jika lahan rumah anda cukup luas, mungkin anda bisa menjadikan bagian belakang menjadi kamar mandi dan kamar tidur beserta ruangan bersantai.

Desain Minimalis 2 Lantai

http://villages-lorraine.com/wp-content/uploads/2020/02/Untitled-29.jpg

Memiliki rumah 2 lantai memang membuat pemilik rumah memiliki banyak ruangan di dalam rumah. Ada banyak ruangan yang bisa digunakan untuk bergerak serta tempatkan barang atau perabotan yang memang dirasa diperlukan. Untuk konsep minimalis 2 lantai, sebaiknya anda harus membagi 2 tingkat rumah tersebut dengan tepat. Untuk lantai dasar bisa digunakan untuk area dapur, kamar mandi, dan ruang tamu. Sedangkan di lantai kedua bisa dimanfaatkan sebagai area privasi, seperti kamar tidur dan kamar mandi. Anda bisa membagi lantai 2 menjadi 2 kamar tidur dan kamar mandi, atau 3 kamar mandi dan kamar mandi. Tergantung dari kebutuhan pemilik rumah.

Desain Minimalis 1 Lantai 1 Kamar

Mungkin model rumah ini akan sangat cocok bagi anda yang belum bekeluarga dan masih tinggal sendiri. Hanya dengan menggunakan 1 kamar tidur saja, anda bisa memanfaatkan area lainnya menjadi ruang serbaguna. Desain rumah ini juga akan membuat rumah jadi terlihat lebih luas dan nyaman. Anda bisa memiliki ruang tamu besar, dapur terbuka, toilet, ruang kerja, hingga ruang bersantai. Jangan tambahkan terlalu banyak sekat sehingga membuat rumah jadi terlihat lapang.

Desain Minimalis 1 Lantai 2 Kamar

Mungkin ini menjadi konsep hunian minimalis yang paling masuk akal, dengan 1 lantai berisikan 2 kamar. Cocok bagi anda yang baru saja memulai keluarga atau memiliki keluarga kecil. Untuk bagian dapur, ruang makan, kamar mandi ditempatkan di bagian belakang rumah.

Desain Minimalis 3 Kamar

Meskipun anda ingin memiliki 3 kamar dalam rumah minimalis, bukan berarti jika ukuran rumah yang anda miliki harus luas dan besar. Anda bisa membagi ruangan kamar di beberapa titik berbeda dalam rumah. Tak selamanya kamar tidur harus saling bersampingan satu sama lain. Namun sangat mungkin jika kamar tidur dalam model rumah ini akan jadi lebih kecil. Akan tetapi jika pemilik rumah mampu menempatkan furniture serta tata ruangan dengan tepat. Maka rumah bisa tetap nyaman untuk dihuni. Konsep minimalis memang sangat cocok untuk desain yang satu ini.

Konsep hunian minimalis memang sangat cocok untuk anda terapkan, baik dengan kondisi lahan terbatas maupun luas. Anda juga bisa mengkombinasikannya dengan gaya arsitek lainnya yang membuat tampilan rumah jadi semakin menarik. Macam macam tipe rumah minimalis diatas mungkin bisa anda jadikan referensi untuk hunian idaman anda.