8 Hal Penting Dalam Desain Rumah Modern Minimalis

http://villages-lorraine.com/wp-content/uploads/2020/02/Untitled.jpg

Gaya rumah modern minimalis memang menjadi salah satu desain yang cukup populer karena dianggap mewakili life style masyarakat modern saat ini. Dimana desain hunian ini sangat cocok bagi mereka yang menyukai kesederhanaan, kepraktisan, namun tetap tidak lekang oleh waktu. Apalagi bagi anda yang tinggal di perkotaan, desain hunian modern seperti ini juga sangat cocok diterapkan.

Hal Yang Perlu Diperhatikan Dalam Mendesain Rumah Modern

1. Pilih Konsep Rumah Modern Yang Matang

Sebelum ingin membangun rumah impian anda, penting untuk memperhatikan konsep apa yang ingin diterapkan. Begitu pula ketika membangun desain rumah modern, penting untuk memperhatikan bagaimana tata letak ruang. Namun ingat,tetap perhatikan segi kepraktisan, fungsi dan estetika. Sangat direkomendasikan untuk menggunakan konsep hunian open plan. Dengan menerapkan konsep ini, pemilik rumah bisa menggabungkan beberapa ruangan sekaligus menjadi 1 area fungsional. Dibandingkan menggunakan tembok, material, maupun teknik pencahayaan berbeda. Cara ini akan membuat ruangan di dalam rumah jadi terkesan luas karena tidak terdapat sekat tembok. Hal ini mungkin akan sangat tepat diterapkan bagi pemilik lahan rumah yang terbatas.

2. Pilih Model Vertikal atau Horizontal?

atap rumah modern

Jangan lupa untuk melihat terlebih dahulu bagaimana kondisi lahan yang anda miliki, apa cocok diterapkan rumah bermodel vertikal atau horizontal? Jika lahan yang akan digunakan cukup sempit dan tidak bisa menerapkan rumah bentuk horizontal. Maka anda bisa mendesain ulang rumah dengan bentuk vertikal namun pastikan untuk mendiskusikannya terlebih dahulu. Sehingga perencanaan pembangunan rumah jadi lebih matang dan meminimalisir kesalahan.

Yang perlu diperhatikan dalam mendesain rumah modern berbentuk vertikal adalah pada bagian pondasi yang cukup kuat serta lantai dasar yang kokoh guna menopang bangunan yang ada diatasnya. Hal ini bertujuan meminimalisir terdapat rentak rambut di dinding rumah. Namun jika lahan yang anda miliki cukup luas, tak ada salahnya membuat desain rumah berbentuk horizontal. Keuntungannya adalah rumah anda jadi terkesan luas dan nyaman. Anda pun bisa mendesain rumah dengan lebih leluasa.

3. Desain Eksterior Dan Interior Rumah Modern

Hal penting lainnya yang harus diperhatikan saat mendesain rumah modern minimalis adalah pada bagian desain eksterior dan interior rumah. Untuk desain interior, ada 2 pilihan yang bisa digunakan. Bisa menggunakan cat dinding atau menggunakan wallpaper. Penggunaan cat dinding untuk melengkapi desain interior rumah bisa dengan menerapkan warna-warna netral yang disesuaikan dengan perabotan di rumah. Sedangkan jika anda ingin menggunakan wallpaper, gunakan motif yang bisa dipadupadankan dengan perabotan yang tidak akan membuat kesan yang terlalu ramai di dalam ruangan.

4. Pilih Warna-Warna Yang Tepat

http://villages-lorraine.com/wp-content/uploads/2020/02/Untitled-1.jpg

Pemilihan warna yang tepat juga dapat mendukung konsep modern yang ingin anda terapkan. Untuk pilihan warna, sebenarnya anda bebas ingin menggunakan warna apapun. Namun akan lebih baik menerapkan warna yang sesuai kepribadian anda. Ingat, rumah dapat mencerminkan jati diri pemiliknya. Jika anda menyukai hal yang simple, terapkan warna-warna netral pada interior rumah. Atau jika anda ingin membuat kesan yang luas dan bersih di dalam rumah anda, warna putih menjadi pilihan warna yang sangat tepat. Anda juga bisa warna pastel yang sangat cocok untuk pemilik rumah dengan kepribadian terbuka. Warna lembut ini tentunya dapat memberikan kenyamanan bagi penghuninya. Atau anda juga bisa menggunakan warna-warna terang yang dapat mengesankan suasana yang semangat dan kuat bagi anda yang memiliki jiwa petualang.

Sedangkan warna tanah atau kayu akan sangat pas diaplikasikan untuk membuat kesan rumah yang hangat. Anda bisa memadukan warna tanah atau kayu dengan hijau untuk menciptakan kesan alami yang semakin menyatu dengan alam. Kombinasi warna ini juga snagat efektif mengurangi tekanan karena sifatnya yang menenangkan.

5. Pemilihan Perabot Yang Mendukung Rumah Modern

rumah modern minimalis

Bukan hanya warna, namun perabotan yang akan ditempatkan dalam rumah juga dapat mendukung kesan modern yang kuat di dalam desain rumah. Untuk menghidupkan desain modern, pilih jenis perabotan multifungsi. Semisal, alih-alih menggunakan tempat tidur atau ranjang biasa. Anda bisa menggunakan jenis tempat tidur berlemari. Anda bisa memanfaatkan ruangan di bawah tempat tidur sebagai tempat menyimpan seprai atau selimut. Sehingga membuat kesan ruangan yang semakin rapi dan luas.

Jika ingin menghemat pengeluaran, gunakan saja rak meja yang berfungsi sebagai meja sekaligus juga menjadi rak buku. Jadi kegiatan belajar atau bekerja bisa lebih praktis dan nyaman. Hunian yang bernuansa modern menghadirkan keseimbangan dan menyajikan unsur alam, baik di dalam maupun diluar ruangan. Jadi anda juga dapat menambahkan dekorasi tambahan seperti tanaman hijau di sudut dapur, ruangan keluarga, atau kamar mandi. Sehingga tak hanya menciptakan kesan yang hidup dan cantik, namun ruangan jadi lebih asri.

6. Perhatikan Penataan Ruang

Konsep penataan ruangan dalam rumah modern minimalis juga sangat berpengaruh untuk kenyamanan pemilik rumah. Jika lahan yang dimiliki tak terlalu luas, anda bisa merancang desain 2 kamar tidur  dalam 1 lantai. Jangan lupa pula menentukan tata ruangan primer lainnya seperti kamar mandi, dapur, dan lainnya. Selain itu penataan yang praktis dan simple juga memungkinkan pemilik rumah lebih berkreasi terhadap desain ruangan di dalam rumah. Namun jika anda memiliki lahan yang agak luas, anda dapat menambahkan beberapa ruangan lainnya seperti garasi, halaman belakang, dan lainnya yang fungsional.

7. Perhatikan Area Hijau Dan Teras Rumah Modern

Meskipun menerapkan konsep modern, bukan berarti area hijau di dalam rumah tidak perlu diperhatikan. Walaupun anda memiliki lahan yang sempit, bukan berarti anda tidak dapat membuat area hijau di halaman rumah. Pembuatan area hijau dapat mengesankan rumah terlihat asri dan luas. Teras rumah modern juga dapat anda gabungkan bersama dengan area hijau karena are ateras rumah akan jadi bagian rumah pertama yang akan dilihat tamu saat berkunjung. Jadi jangan menaruh furniture atau perabotan yang berlebih di teras rumah. Ini malah akan membuat kesan yang tidak rapi bahkan terlihat sempit dalam teras hunian rumah.

8. Tetap Perhatikan Estetika Rumah

rumah modern putih

Rumah dengan konsep modern dan minimalis tetap harus memperhatikan estetika. Sebebarnya gagasan desain modern lebih mengacu terhadap periode waktu, yang diciptakan pada rentang tahun 1920-1950. Desain ini tak pernah mengalami perubahan dan menjadi desain yang tetap seperti itu selamanya. Konsep modern diistilahkan desain rumah yang luas dengan mengacu rmah yang bersih, tajam, penggunaan material kaca, logam, atau baja, dengan menerapkan palet warna sederhana. Desain modern menerapkan simple dan sederhana dalam setiap elemen, termasuk penggunaan furniture rumah. Sebuah kata yang mungkin akan cocok menggambarkan gaya modern, maka sangat penting untuk membuat rumah terkesan rapi tanpa harus menggunakan aksesoris berlebihan.

Bagi anda yang menyukai desain simple dan sederhana serta terkesan bersih dan luas, mungkin desain hunian ini sangat cocok untuk diterapkan. Desain hunian modern dapat memberikan kesan yang eksklusif namun tetap sederhana dan tidak berlebihan.