Pilihan Arsitektur Rumah Terpopuler Yang BIsa Anda Jadikan Inspirasi

Gaya arsitektur rumah saat ini sudah berkembang dari masa ke masa. Mulai dari yang simple hingga arsitektur yang artistic, banyak diterapkan orang dalam hunian mereka. Aristektur sebuah rumah tak hanya tentang sebuah bangunan yang menjadi tempat berlindung bagi para penghuninya. Namun juga meliputi keindahan dan visual yang dimiliki rumah tersebut. Setiap arsitektur dan gaya rumah memiliki ciri khas masing-masing yang bisa disesuaikan dengan gaya pemiliknya. Seperti pilihan aristektur bangunan rumah dibawah ini yang saat-saat ini cukup populer dan bisa dijadikan inspirasi dalam membangun rumah.

Arsitektur Rumah Minimalis

Rasanya gaya dan desain rumah minimalis ini menjadi salah satu arsitektur yang tak lengkang oleh waktu. Bahkan kini gaya ini semakin populer dan dipadukan dengan desain rumah lainnya untuk menciptakan rumah yang cantik dan menarik. Rumah bergaya minimalis memang terlihat simple namun memiliki nilai tersendiri. Gaya minimalis ini memang lebih memfokukan desain rumah yang berkonsep simple, mulai dari bentuk, detail, ruangan, warna hingga material.

Karakteristik utama dari desain rumah ini adalah simplisitas dalam fungsi dan bentuk. Seperti misalnya dekorasi berdetail sederhana, ruangan terbuka yang bersih, pencahayaan cukup, finishing dinding dan cladding, dan llainnya. Apalagi bagi anda yang tinggal di wilayah dengan lahan pemukiman terbatas, arsitektur rumah minimalis akan sangat cocok diterapkan.

Arsitektur Modern

Penggunaan aristketur modern ini pertama kali diaplikasikan di tahun 1950-1960 dan hingga kini masih banyak diterapkan. Di Indonesia sendiri, anda bisa menemukan banyak gaya rumah bertema modern di daerah perkotaan. Karakteristik dari bangunan dengan gaya aristektur ini adalah dengan menerapkan jendela besar horizontal serta atap yang rendah dan datar. Biasanya rumah-rumah modern seperti ini menggunakan material bangunan yang tergolong mahal namun memiliki kualitas tinggi seperti misalnya panel kayu, batu, atau marmer.

Namun seringkali orang salah dalam membedakan antara rumah minimalis dan modern, padahal keduanya berbeda. Seperti misalnya pada rumah modern memiliki atap berbentuk segitiga. Sedangkan untuk rumah minimalis terkenal dengan atap dak beton

Rumah modern juga identik dengan pencahayaan yang baik, karena itulah kebanyakan dilengkapi dengan jendela-jendela berukuran besar. Bagi anda yang ingin menerapkan gaya arsitektur yang satu ini, pastikan untuk menghadirkan jendela maupun bukaan yang cukup di dalam rumah. Sehingga sirkulasi cahaya dan udara bisa mengalir lancar.

Arsitektur Rumah Kontemporer

Untuk aristektur yang satu ini mulai berkembang di abad ke -21. Tak hanya memunculkan satu gaya yang dominan, namun aristektur kontemporer mempunyai banyak variasi gaya yang bisa disesuaikan dengan keinginan. Definisi dari kontemporer sendiri adalah masa sekarang atau kini. Jadi bisa dikatakan jika rumah berdesain kontemporer ini akan berubah dari tahun ke tahun. Sehingga desainnya akan selalu mengikuti apa yang menjadi trend pada saat itu. Rumah kontemporer banyak disamakan seperti rumah modern, namun sebenarnya kurang begitu tepat.

Seperti yang dijelaskan sebelumnya, gaya ini menggabungkan berbagai gaya dan didesain dengan eksklusivitasnya sendiri. Desain kontemporer tak hanya mengambil unsur-unsur dari gaya modern saja, namun juga dari berbagai gaya interior lainnya. Yang paling khas dari rumah ini adalah pemanfaat teknologi terbaru, bangunannya cenderung lebih kuat dan cocok dibandingkan rumah-rumah lainnya.

Elemen utamanya adalah dengan memanfaatkan material yang bisa didaur ulang serta tidak membahayakan lingkungan. Semisal granit dan bamboo yang paling umum digunakand alam interior dan eksterior rumah ini. Aristektur kontemporer juga mempunyai pencahayaan natural dengan memaksimalkan penggunaan jendela kaca. Sehingga sinar matahari bisa leluasa masuk ke dalam rumah.

Aristketur Modern Glass House

Gaya arsitektur rumah mewah yang satu ini memadukan gaya rumah modern dan minimalis, yang mewujudkan tampilan rumah yang elegan. Dengan mengaplikasikan atap yang rndah dan datar serta sekeliling bangunan dipenuhi kaca. Tujuan dari penggunaan material kaca ini bukan hanya untuk meningkatkan intensitas pencahayaan. Namun juga menonjolkan kesan yang elegan dan mewah pada rumah tersebut. Desain arsitektur yang satu ini juga mengadaptasi bangunan kontemporer yang mana desainnya mengikuti trend terkini.

Arsitektur Rumah Bergaya Skandinavia

Desain Scandinavian hingga kini masih dijadikan banyak pilihan untuk membangun dan mendesain interior rumah. Gaya Scandinavia terkenal dengan nuansanya yang serba putih dan pilihan furniture bermaterial kayu yang terang. Imagenya yang luas, terang dan bersih membuat desain ini memang sangat digemari khususnya untuk keluarga-keluarga muda saat ini. Meskipun tampilannya terlihat ringan dan simple, namun untuk menciptakan gaya arsitektur rumah ini dibutuhkan banyak penyesuaian suasana. Sehingga bisa mengatasi perbedaan desain yang ada di Indonesia, yang mana terkenal dengan Negara tropis dengan Negara-negara bagian Utara Eropa yang sering menggunakan konsep rumah ini.

Arsitektur Bergaya Industrial

Seperti nmanya, desain rumah industrial mengambil inspirasi dari industry ataupun pabrik. Dalam sejarahnya, bangunan bertema industrial ini didirikan pertama kali di tahun 1700. Fokus dari konsep ini adalah pada efisiensi dan keselamatan. Pertimbangan paling besar pada jaman tersebut adalah bagaimana kekuatan bangunan dan biaya material yang lebih murah. Karena itulah pada desain rumah industrial akan terlihat komponen-komponen unik yang tidak bisa ditemukan pada desain rumah lainnya. Seperti dinding bata yang terekspos, pipa udara dan air yang terlihat jelas pada ceiling, dan menggunakan barang daur ulang.

Pada tahun 1700, listrik merupakan hal yang sangat jarang. Sehingga tak heran jika gaya rumah industrial ini dirancang menggunakan jendela-jendela besar yang mana menghadirkan pencahyaaan alami. Dan kini gaya industrial tak hanya diterapkan pada rumah, namun juga pada kafe maupun kantor. Jika anda menginginkan suasana rumah yang hangat namun tetap terlihat simple dan unik berbeda, mungkin aristektur industrial ini dapat anda jadikan pilihan.

Arsitektur Rustic

Pertama kalinya gaya ini hadir di kawasan Negara perbatasan dengan menerapkan desain rumah kabin serta pondok kayu. Interiornya dihiasi dengan kursi antic, handmade furniture, sofa kulit, meja kayu dan lainnya seperti pada rumah-rumah Eropa di abad ke-18.Sebenarnya arti kata “rustic” sendiri memiliki arti pedesaan dalam Bahasa Indonesia. namun istilah rumah rustic lebih terkenal dari Negara Jerman, Austria, dan Swiss. Sehingga gaya- rumah rustic disanalah lebih mengacu pada model rumah-rumah yang ada di pedesaaan sana. Dimana gaya arsitekturnya lebih mengadaptasi pada alam dan saling ketergantungan. Jadi menggunakan gaya rustic akan membuat rumah serasa lebih dekat dengan alam. Tampilannya yang sederhana dan cantik akan sangat terlihat pada model rumah ini. Ciri khas utamanya adalah ruangan yang lapang dan terbuka, dengan adanya tiang-tiang berukuran besar serta balok kayu.

Arsitektur rustic ini lebih memfokuskan dengan penggunaan bahan-bahan sederhana, sepertu batu dan kayu mentah. Dengan membawa unsur-unsur alam yang terbuka ke rumah. jadi hampir karang jika rumah rustic ini menerapkan warna-warna cat atau wallpaper yang cerah. Karena umumnya menggunakan material alam bertekstur. Karena rumah konsep rustic memaksimalkan pemandangan luar menjadi panorama rumah. maka tak heran penggunaan jendela besar banyak digunakan.

Nah itu tadi beberapa gaya arsitektur rumah yang banyak digunakan dan populer saat ini. anda bisa menjadikan salah satunya sebagai inspirasi dalam membangun rumah idaman anda. atau anda juga bisa lebih kreatif dengan mekreasikan lebih dari satu arsitektur untuk menciptakan hunian yang nyaman dan menarik.